Sabtu, 22 Oktober 2011

BAB 6 PEMASARAN

PEMASARAN

1. Pengertian Pemasaran dan Pasar
  - Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.
  - Pengertian Pasar atau Definisi Pasar adalah tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli barang dan jasa.

  Di pasar antara penjual dan pembeli akan melakukan transaksi. Transaksi adalah kesepakatan dalam kegiatan jual-beli.  Syarat terjadinya transaksi adalah :
   1. ada barang yang diperjual belikan,
   2. ada pedagang, ada pembeli,
   3. ada kesepakatan harga barang, dan
   4. tidak ada paksaan dari pihak manapun.

2. Jenis-Jenis Pasar
 a. Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya. Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak nyata(abstrak).  Maka kita lihat penjabaran berikut ini:
   - Pasar Nyata.
  Pasar nyata adalah pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.
   - Pasar Abstrak.
  Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.

 b. Jenis pasar menurut cara transaksinya. Menurut cara transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.
   - Pasar Tradisional
   Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
   - Pasar Modern
   Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.

 c. Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya. Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar :
  - hewan,
  - pasar sayur,
  - pasar buah,
  - pasar ikan dan
  - daging serta pasar loak.

 d. Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi. Menurut keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
  - Pasar Lokal
  - Pasar Daerah
  - Pasar Nasional dan
  - Pasar Internasional

3. Konsep Pemasaran
  Secara umum, terdapat lima konsep pemasaran, di mana setiap konsep tersebut dibezakan oleh bentuk orientasi dan penumpuan industri dalam melaksanakan aktiviti pemasaran masing-masing, iaitu:
   a. Konsep Pengeluaran
     Konsep Pengeluaran adalah berasaskan kepercayaan bahawa pengguna lebih berminat membeli produk yang berharga murah serta mudah diperolehi.
   b. Konsep Produk
     Konsep Produk adalah berasaskan kepada prinsip bahawa pengguna akan menghargai dan lebih mengutamakan produk yang menawarkan kualiti, prestasi dan ciri-ciri inovatif yang terbaik.
   c. Konsep Jualan
     Konsep Jualan  berorientasikan menjual produk melalui kaedah pemasaran yang lebih agresif.
   d. Konsep Pemasaran
     Konsep Pemasaran berbeza dengan tiga konsep yang dinyatakan di atas. Konsep ini berorientasikan memenuhi keperluan dan kemahuan pengguna dengan efektif, sedangkan tiga konsep sebelumnya berorientasikan kepentingan industri untuk menjual produk.
     Empat perkara berikut merupakan prinsip utama yang menjadi tonggak kepada  konsep pemasaran ini, iaitu:
     - Pasar sasaran – memiilih pasar sasaran yang tepat dan membentuk aktiviti pemasaran dengan sempurna.
    - Keperluan pengguna -  memahami kehendak sebenar pengguna dan memenuhinya dengan lebih efektif.
    - Pemasaran berintegrasi - kesemua fungsi / sub-unit industri bekerjasama memenuhi tanggungjawab pemasaran.
    - Keuntungan - mencapai keuntungan melalui kepuasan pelanggan.
   e. Konsep Kesejahteraan
     Konsep Kesejahteraan adalah langsungan daripada Konsep Pemasaran di mana ia ditambah dengan unsur-unsur  kepekaan industri terhadap kesejahteraan pengguna serta masyarakat keseluruhan.

4. Manajemen Pemasaran
  Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi (Kotler, 1997).
  Manajemen pemasaran dapat diterapkan pada semua bidang usaha. Dalam manajemen terdapat fungsi penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan atau penerapan serta pengawasan. Tahap perencanan merupakan tahap yang menentukan terhadap kelangsungan dan kesuksesan suatu organisasi pemasaran. Proses perencanaan merupakan satu proses yang selalu memandang ke depan atau pada kemungkinan masa akan datang termasuk dalam pengembangan program, kebijakan dan prosedur untuk mencapai tujuan pemasaran.

5. Bauran Pemasaran
  Bauran Pemasaran atau Marketing Mix adalah Kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yaitu : produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi
   Pengertian Produk :
  Suatu sifat yang komplek baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk bungkus, warna, harga, prestise perusahaan dan pengecer, pelayanan perusahaan dan pengecer, yg diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan
   Pengertian Saluran Distribusi :
  Saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan dari produsen ke konsumen atau pembeli industri
   Pengertian Harga :
  Sejumlah uang (ditambah beberapa barang kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta

6. Tujuan Sistem pemasaran
  Ada 5 tujuan dari sistem pemasaran yaitu :
   - Memaksimumkan Konsumsi
   - Pekerjaan pemasaran adalah memudahkan dan
     merangsang konsumsi maksimum, akhirnya
   - menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan
     kemakmurkan maksimum
   - Memaksimumkan Kepuasan konsumen
   - Memaksimumkan Mutu Hidup

7.  Pendekatan dalam Mempelajari Pemasaran
   a. Pendekatan Seba Fungsi
     Dari apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu :  pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan grading, pengumpulan informasi pasar
   b. Pendekatan Serba Lembaga
     Dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen, suplier, perantara dagang dsb
   c. Pendekatan Serba barang (Pendekatan Organisasi Industri)
     Studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri
   d. Pendekatan Serba Manajemen
      Dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil



Sumber :
- http://ocw.gunadarma.ac.id/course/economics/management-s1/pengantar-bisnis/pemasaran
- http://google.com
- http://dwisetiati.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar