Sabtu, 15 Oktober 2011

BAB 2 Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan

PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN

Pengertian Perusahaan
Perusahaan dapat didefinisikan sebagai suatu organisasi produksi yang menggunakan dan mengkordinir sumber-sumber ekonomi untuk memuaskan kebutuhan degan cara yang menguntungkan.
Tempat Kedudukan dan Letak Perusahaan
Tempat kedudukan dan letak perusahaan merupkan faktor pendukung penting yang dapat menjamin tercapainya tujuan perusahaan. Ketepatan pemilihan letak dan tempat perusahaan akan memberikan bantuan yang sangat berharga,baik dalam kaitannya dengan efisiensi biaya produksi. Dengan demikian, letak dan tempat kedudukan perusahaan harus diputuskan dengan hati-hati atas dasar fakta yang lengkap ditinjau dari aspek ekonomi maupun aspek teknis. Disamping itu harus pula mempertimbangkan fleksibilitasnya terhadap rencana masa depan dalam hal perluasan pabrik,diverifikasi produksi,daerah pemasaran hasil produksi, perubahan dan perluasan bahan baku,dan sebagainya.
Tempat Kedudukan Perusahaan
Tempat kadudukan perusahaan merupakan kantor pusat perusahaan tersebut. Tempat kududukan perusahaan pada umumnya dipengaruhi faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain. Seperti ; lembaga pemerintah, Lembaga Keuangan, dan pelanggan.dan sebagainya.
Letak Perusahaan
Letak perusahaan merupakan tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik/pabrik. Letak perusahaan dipengaruhi faktor ekonomi dan merupakan salah satu faktor penting yang menunjang efisiensi perusahaan terutama dalam kaitannya dalam biaya.dalam hal ini letak perusahaan dibagi menjadi 4 yaitu;
1.    Terikat keadaan alam : letak perusahaan yang terikat perusahaan alam pada umumnya karena ketersediaan dan kemudahan bahan baku.
2.   Terikat Sejarah : Perusahaan manjalankan aktivitasnya disuatu daerah tertentu karena alasan yang hanya dapat dijelaskan berdasarkan sejarah.
3.   Terikat oleh pemerintah : dalam hal ini letak perusahaan ditentukan pemerintah atas dasar pertimbangan keamanan, politik, kesehatan, dan sebagainya.
4.   Terikat oleh ekonomi : faktor-faktor yang berpengaruh dalam kaitannya
      dengan pemilihan letak perusahaan yang bersifat industri adalah ;
·        Ketersediaan bahan mentah
·        Ketersediaan tenaga air
·        Ketersediaan tenaga kerja
·        Ketersediaan modal
·        Kemudahan transportasi
·        Kedekatan pasar
·        Kesesuaian iklim
Tujuan dari Pendirian Perusahaan
Secara umum perndirian perusahaan dapat dibedakan menjadi :
a.   Tujuan Ekonomis : Upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya.berupaya menciptakan laba,menciptakan pelanggan,dan menjalankan upaya-upaya pengembangan dengan memusatkan perhatian pada kebutuhan masyarakat dalam hal produk yang diingingkan, kualitas, kuantitas, waktu pelayanan, kegunaan produk, dll.
b.   Tujuan Sosial : Perusahaan di harapakan untuk memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia faktor-faktor produksi,maupun masyarakat luas.
 Perusahaan Sebagai Suatu Sistem
Sistem adalah suatu kesatuan dari unit-unit yang saling berinteraksi,baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka mencapai tujuan tertentu.Perusahaan sebagai suatu sistem adalah kombinasi dari berbagai macam sumber ekonomi yang mempengaruhi proses produksi dan distribusi barang untuk mencapai tujuan tertentu.
Fungsi-Fungsi Perusahaan
Dalam mencapai tujuan dikenal 2 fungsi perusahaan, yaitu fungsi operasi dan fungsi manajemen.yaitu ;
·        Fungsi Operasi
1.    Pembelian produk                      
2.   Pemasaran                        
3.   Keuangan                          
4.   Personalia                 
5.   Akuntansi 
6.   Administrasi
7.   Teknologi informasi/komputasi
8.   Transformasi dan komunikasi
9.   Pelayanan umum
10.                Hukum perundang-undangan/Humas                   
·      Fungsi Manajemen
1.  Perencanaan
2. Pengorganisasian
3. Pengarahan
4. Pengendalian
Ciri-ciri Perusahaan
Ciri-ciri Perusahaan mencerminkan kekhasan yang emebuat perusahaan yang bersangkutan mudah dikenali.berikut ini bebrapa cirinya :
·      Operatif          
·      Koordinatif
·      Reguler
·      Dinamis
·      Formal
·      Lokasi
·      Pelayanan masyarakat


Secara umum lingkungan perusahaan dapat dibedakan menjadi lingkungan eksternal dan lingkungan intern
 Lingkungan eksternal perusahaan adalah faktor-faktor diluar dunia usaha yang mempengaruhi kegiatan perusahaan. Yang akan dibahas adalah lingkungan eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi lingkungan eksternal makro dan lingkungan eksternal mikro
· Lingkungan eksternal makro adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha. Yang termasuk dalam lingkungan eksternal  makro adalah: keadaan alam, politik dan hukum, kondisi perekonomian, sosial budaya, tekhnologi, kependudukan dan keseimbangan lingkunugan dan pendidikan.
· Lingkungan eksternal mikro adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh langsung terhadap kegiatan usah. Yang termasuk lingkungan eksternal mikro adalah: pemasok, pesaing, perantara, pasar.




Referensi :
·        Pengantar Binis Modern edisi ketiga. Penerbit : LIBERTY, YOGYAKARTA oleh : DR. BASU SWASTHA DH., SE., MBA. IBNU SUKOTJO W. SE.
·        Pengantar Bisnis, M Fuad dkk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar